Selasa, 11 Januari 2011

PENGENALAN IMK

IMK adalah Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface).
antar muka manusi dan komputer : media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan perintah pada komputer.
program aplikasi terdiri dari 2 bagian :
  1. bagian antar muka ( sarana dialog manusia dg komputer)
  2. bagian aplikasi ( menghasilkan informasi lewat algoritma)
media antar muka dibagi menjadi 2:
  1. media GUI ( graphical user interface , dengan grafis dan sangat atraktif , misal p-rogram VB, Delphi)
  2. media tekstual (hanya berisi teks, misal perintah printf dalam borland C++
bidang2 ilmu yang mendukung pembuatan imk:
  • Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer
Ilmu Komputer pada umumnya dipandang dari sudut :
Hardware : Perangkat keras yang merupakan kumpulan atau terdiri dari komponen-komponen elektronika.
Software : Perangkat lunak merupakan interface bagi manusia dengan komputer agar dapat berinteraksi.
  • Psikologi
Para perancang sistem aplikasi harus mempertimbangkan aspek psikologi para pemakai (user). Sistem komputer jangan menjadi beban bagi user dalam mengoperasikannya, tetapi berikanlah sistem komputer yang mudah dipahami dan ramah terhadap pemakai (user).
  • Perancangan Grafis dan Tipografi
Perancanngan Grafis dan tipografis (seni cetak) merupakan suatu keahlian yang sangat dibutuhkan dalam perancangan dialog interaksi manusia denga komputer, sebab rancangan dialog sistem aplikasi berbasis grafis jauh lebih baik bagi user (pemakai) dalam mengoperasikan sistem tersebut.
  • Ergonomik (Lingkungan Kerja)
Lingkungan kerja sangat mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer, seperti kondisi tempat kerja, posisi /letak tempat duduk, suhu ruangan, keamanan dll. Lingkungan kerja yang nyaman dan bersih merupakan harapan setiap pemakai.
  • Antropologi
Ilmu pengetahuan tentang manusia juga memegang peranan penting dalam sistem interaksi manusia dengan komputer :
Misalnya : Interaksi manusia sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakannya, sisi lain pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidang masing-masing.
  • Linguistik (Ilmu Bahasa)
Agar interaksi manusia dengan komputer dapat berlangsung maka diperlukan sarana komunikasi yaitu software, supaya dapat berkomunikasi denga komputer harus mengerti/menguasai salah satu bahasa komputer, misalnya Basic, Fortran, C-Language, Assembly dll.
  • Sosiologi
Yaitu studi tentang pengaruh interaksi manusia dengan komputer dalam struktur sosial. Misalnya : Kehawatiran pegawai tentang sistem komputer yaitu : Masalah PHK, Mutasi dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar